[rendezvous]

Like your stories, it’s something goes on. MEMORABILIA I said. And Here is my start point. Time always moves forward and never stop. For me, that means losing something every moment. I start to record my life. I don't want anything pass without records.

Monday, April 18, 2005

yang lucu 2

sopir vs nenekku
SOPIR VS NENEKKU Minggu pagi lalu nenekku jalan-jalan pagi bersamaku seperti biasanya. Dia tidak pernah mau dibantu selama dia bisa melakukan pekerjaanya sendiri.Nach, giliran mau nyebrang nenekku yang masih OK ini, lagi-lagi nggak mau diseberangkan, bersamaan nenek ada di tengah sebuah ANGKOT datang dengan sangat kencang, sopir berusaha mengerem dan menghidar sambil berteriak, "EEEE...dasar nenek GOBLOK, tahu ada mobil kencang tak dilihat, mau mati yaa???" Nenekku yang kupikir akan pingsan menjawab dengantidak kalah lantangnya, "Kamu yang GOUUUBLOCCKK, nabrak nenek-nenek saja nggak bisa". SOPIR: Haaa ?????
si badu dan pak guru <<
si badu adalah pelajar yg duduk di kelas II SD ia paling kagak doyang pelajaran melukis/menggambar,pada suatu ketika sang guru menugaskan murid-muridnya utk menggambar. Guru:anak-anak hari ini kalian menggambar sebuah pemandangan..! Murid: ya....pak.... saat itu badu yang tidak bisa menggambar mulai kebingungan,setelah waktu sudah mulai habis karena abis akal badu hanya mencoret-coret buku gambar yg dimilikinya lalu mengumpulnya pd pak guru,lalu keesokan harinya badu dipanggil pak guru ; guru :badu,gambar apaan ini bapak kan suruh gambar pemandangan ? badu :ia pak,, inikan pemandangan pada malam hari..!! guru :oh..ya.!!bagus 10 nilai buatmu. badu :hik...hik...!!! pd waktu itu juga pak guru kembali menugaskan muridnya utk menggambar kembali. guru :anak-anak hari kalian boleh menggambar bebas apa saja.! murit:baik...pak...!!! badu kembali kebingungan,tak berapa lama waktu abis dan badu hanya mengumpul bukunya hanya dalam keadaan kosong,dansetelah memeriksa dan ingin menilai pak guru kembali memanggil badu... guru :badu...gambar apa ini??? badu :gambar kambing makan rumput pak.!! guru :mana rumputnya? badu :udah abis pak dimakan kambing...!!! guru :lalu,,,mana kambingnya? badu :udah...pergi pak...!!! guru :ya...ya...bagus 10 buat kamu..! badu :hik...hik...hik...
Bodoh >>>
Ada dua orang Majikan sedang membicarakan supir2 mereka yang bodoh..:
Majikan A : Hey B , saya punya supir bodoh sekali deh..
Majikan B : Bodoh gimana ?
Majikan A : Sebentar saya panggil dia ya... ..
Tidak lama kemudian si A memanggil supirnya yg bernama Bejo.
"Bejoo !!, cepat kamu telp ke rumah saya, tanya sama istriku...saya ada dirumah atau tidak ! " lalu si Bejo jawab " baik Tuaaaan !!! "
Majikan A : Benar kan ....Supir ku itu bodoh sekali, sudah tau saya ada didepannya, tapi saya suruh tanya keberadaan saya di rumah mau saja ! " (sambil tertawa2)
Majikan B : Waaah....bener2 bego ya dia ! tapi supir saya lebih bego lagi deh..!
Majikan A : Kenapa ?
Majikan B : sebentar..saya panggil dia.
" Partoo...!! kesini sebentar !, Ini ada duit Rp 100 perak, cepat kamu ke Showroom BMW, pesan 1 unit dan bawa ke sini.....Lalu si Parto Jawab "Baiikk Tuaaan..!! "
Ditempat lain kedua Supir tersebut saling bertemu dan membicarakan Majikannya :
Bejo : To ! Majikan gue Bego banget deh, masa gue disuruh telp kerumahnya, untuk menanyakan apakah dia ada dirumah atau tidak ? padahal kan dia punya HP, telp aja sendiriii !!!
Parto : Waah...Majikan saya lebih bodoh lagi, masak saya disuruh ke showroom BMW beli mobil lalu dikasih uang Rp 100 perak, padahal kan ini hari Minggu, showroom-nya tutup.
Dasaaar Begoo !!!

Wednesday, March 09, 2005

yang lucu

Tahi Lalat
Suatu hari seorang anak kecil sedang menonto acara TV ditemani mamanya. Kebetulan acaranya sedang sekilas info. Pembawa acaranya perempuan cantik dengan tahi lalat di pipi. "Mama, itu yang di pipi Mbak di TV apa sih Ma..?" "Oo itu. Namanya Tahi lalat.." "Wuiih.. bagus ya Mah. Baru tahi lalat saja sudah bikin cantik. Apalagi kalo tahi kucing atau tahi gajah. Pasti lebih cantik lagi ya Mah..." (Ya Tuhan.. Maafkan kepolosan anakku ini)pikir Mamanya dalam hati.
jurang paling dalam
jurang paling dalam. suatu hari ada tiga orang yang sedang membicarakan tentang dalamnya jurang dikampung mereka masing - masing. adim : jurang dikampung saya dalamnya mencapai 300 meter nino : ye... di kampung saya, kalo kamu menjatuhkan benda, kamu harus tunggu satu hari baru sampai. novi : dikampung saya, kalo kamu menjatuhkan seorang bayi, sampai dibawah, si bayi sudah jadi kakek - kakek. adim + novi : ( Pingsan ) ...... (e'p'ng)
kapan UMPTN lagi?
roy,rio dan ronal bersahabat sejak kecil.ketika kls 3 sma mereka sama2 mengucapkan kaul (janji) bahwa bila nanti lulus UMPTN mereka akan merayakannya bersama. roy:"bila aku lulus kalian akan kutraktir makan sampai puas" rio:"kalo aku akan menyewa villa di puncak untuk mengadakan pesta!" ronal:"yah, kalian payah, itu sih udah biasa....., kalo aku yg lulus maka aku berani untuk bercinta dengan nenek2...!" ketika pengumuman UMPTN tiba, ternyata mereka bertiga lulus. jadilah acara yg telah mereka janjikan itu. setelah puas makan2 ditraktir roy, mereka langsung beristirahat di villanya rio.tinggal ronal yg belum nepati janjinya. merasa malu dengan teman2nya, dengan terpaksa ronal mencari nenek2 yg mau diajak bercinta dan terjadilah pertempuran antargenerasi itu. setelah kuliah (mereka kuliah di tempat yg sama), ada serombongan bus orang jompo yg mampir ke kampus mereka. mereka semuanya nenek2 dan seorang ketuanya langsung turun mencari orang yg bernama roy, rio dan ronal.ketika bertemu dengan ronal nenek2 itu berkata:"nah ini dia orangnya..!" ronal (bingung):"ada apa nek?" nenek:"ngga nak, nenek mewakili temen2 di bus cuman mau tanya, kapan acara UMPTN-nya lagi??"
masih untung
di sebuah pelabuhan laut, si atong bergegas menuju ke kapal karena kapal akan segera berangkat. namun waktu ia memasuki pintu masuk, ia menginjak kaki seorang bapak yang galak. dengan marah - marah, si bapak berkata kepada atong " anjing kau !!!" si atong terperangah dan berkata " kenapa bapak bilang anjing sama saya..." kemudian si bapak berkata " masih untung kau kubilang anjing... kalau kau kubilang tahi, habis kau dimakan anjing ..!!!"

lomba banyak anak
pada suatu hari di sebuah stadium yang berkapasitas 200.000 orang diakan lomba banyak-banyakan anak.peserta pertama kata mc nya dari amerika dengan 30 anak semua orang bertepuk tangan lalu peserta kedua dari india dengan 50 anak lalu tiba-tiba peserta ketiga memasuki panggung lalu tertengar 200.000 orang berteriak "PAPA...PAPA...PAPA...!

menggelengkan kepala gajah
suatu hari diadakan lomba mengangkat kaki gajah. pesertanya dari Amerika, Jepang dan indonesia. peserta dari amerika mendapat kesempatan pertama untuk mengangkat kaki gajah. ia segera memeluk kaki gajah, dan mencoba mengangkat.... tapi gagal. peserta kedua juga gagal, meskipun badannya seperti rambo. kemudian peserta terakhir dari indonesia. peserta dari indonesia badannya kurus kerempeng. penonton meneriaki dia supaya gak ikutan. tetapi ia maju ke arah gajah dan memukul "biji" si gajah. saking kesakitan, si gajah langsung mengangkat kakinya. maka peserta dari indonesia yang menjadi pemenang pada lomba pertama. masuklah mereka ke lomba yang kedua yaitu menggelengkan kepala gajah. kedua peserta dari amerika dan jepang pun tak satupun yang berhasil menggelengkan kepala si gajah. kemudian peserta dari indonesia maju dan berdiri tepat didepan si gajah. sambil berbisik peserta dari indonesia itu berkata " mau.... aku pukul lagi 'biji-mu'... si gajah menggeleng kepalanya tanda tak mau.............:))))))

pemburu dan harimau
Seorang pemburu pergi ke suatu hutan untuk memburu harimau Ia dibekali dengan sebuah senapan laras panjang,namun Ia hanya memiliki 4 butir peluru dalam senapannya.kemudian ia melihat seekor harimau yg sedang menyendiri dan menembak harimau tersebut,tapi tidak kena,si harimau lari dan pemburu terus mengejar sambil menembakinya,pada tembakan terakhir atau ke empat,si harimau tahu kalau peluru si pemburu telah habis sehingga dia berhenti berlari,dan berbalik mengejar si pemburu.Larilah si pemburu hingga sampai ke ujung jurang ,Pemburu tersebut berpikir apakah akan terjun ke jurang atau menghadapi harimau tersebut.Akhirnya dia memutuskan daripada terjun ke jurang dan mati sia-sia lebih baik mati lebih berguna.sebelum menghadapi harimau tersebut pemburu berdoa di tepi jurang sambil memejamkan matanya,setelah selesai berdoa dan membuka matanya ternyata si harimau berdiri di sampingnya juga sambil memejamkan matanya."Hai harimau sedang apa kamu berdiri di sampingku"? tanya pemburu tersebut.Si harimau menjawab,"kata ibu saya sebelum makan harus berdoa terlebih

Wednesday, March 02, 2005

inilah hidup


Dear Namcheers, Semoga artikel sederhana ini semakin membuka hati kita untuk semakin dekat dan senantiasa istiqomah di jalan yang di ridhoi AllahSWT terutama untuk diri kami. Mohon maaf apabila kurang berkenan.Wassalam ...Isa & Deby
Take It Or Loose It
Dalam sebuah kelas pelatihan, saya mengambil selembar kertas polos kemudian menggunting-guntingnya menjadi beberapa bagian. Ada guntingan besar ada juga yang kecil. Tapi jumlahnya sengaja saya buat tak sama dengan jumlah peserta dalam kelas itu, dua puluh orang. Kemudian saya meminta kepada peserta untuk mengambil masing-masing satu guntingan kertas yang tersedia di meja depan. "Silahkan ambil satu!" demikian instruksi yang saya berikan. Dapat diduga, ada yang antusias maju dengan gerak cepat dan mengambil bagiannya, ada yang berjalan santai, ada juga yang meminta bantuan temannya untuk mengambilkan. Dua tiga orang bahkan terlihat bermalasan untuk mengambil, mereka berpikir toh semuanya kebagian guntingan kertas tersebut. Hasilnya? Empat orang terakhir tak mendapatkan guntingan kertas. Delapan orang pertama ke depan mendapatkan guntingan besar-besar, yang berjalan santai dan yang meminta diambilkan harus rela mendapatkan yang kecil. Lalu saya katakana kepada mereka, "inilah hidup. Anda ambil kesempatan yang tersedia atau Anda akan kehilangan kesempatan itu. Anda tak melakukannya, akan banyak orang lain yang melakukannya".
Pagi ini di kereta saya mendapati seorang wanita hamil yang berdiri agak jauh. Saya sempat berpikir bahwa orang yang paling dekat lah yang `wajib' memberinya tempat duduk. Tapi sedetik kemudian saya bangun dan segera memanggil ibu itu untuk duduk. Ini perbuatan baik, jika saya tak mengambil kesempatan ini orang lainlah yang melakukannya. Dan belum tentu esok hari saya masih memiliki kesempatan seperti ini.
Soal rezeki misalnya, saya percaya ia tak pernah datang sendiri menghampiri orang-orang yang lelap tertidur meski matahari sudah terik. "Bangun pagi, rezekinya dipatok ayam tuh!" Orang tua dulu sering berucap seperti itu. Dan entah kenapa hingga detik ini saya tak pernah bisa menyanggah ucapan orangtua perihal rezeki itu.
Saya percaya bahwa orang-orang yang lebih cepat berupaya meraihnya lah yang memiliki kesempatan untuk mendapatkan rezeki yang lebih banyak. Sementara mereka yang bersantai-santai atau bahkan bermalas-malasan, terdapat kemungkinan kehabisan rezeki. Contoh kecil, datanglah terlambat dari jam kantor Anda yang semestinya. Perusahaan tidak hanya akan mengurangi gaji Anda akibat keterlambatan Anda, bahkan kinerja Anda dianggap minus dan itu mempengaruhi penilaian perusahaan terhadap Anda. Bisa jadi Anda tidak mendapatkan promosi tahun ini, sementara rekan Anda yang tak pernah terlambat lebih berpeluang. Saya sering mendengar teman saya berkomentar negatif tentang apa yang dikerjakan orang lain, "Ah, kalau cuma tulisan begini sih saya juga bisa melakukannya" atau "Saya bisa melakukan yang lebih baik dari orang itu". Kepadanya saya katakan, saya yakin Anda bisa melakukannya. Masalahnya, sejak tadi saya hanya melihat Anda terus berbicara dan tak melakukan apa pun. Sementara orang-orang di luar sana langsung berbuat tanpa perlu banyak bicara. Buktikan, jika Anda sanggup! Terus berbicara dan mengomentari hasil kerja orang lain tidak akan membuat Anda diakui keberadaannya. Hanya orang-orang yang berbuatlah yang diakui keberadaannya.
Kepada peserta di kelas pelatihan tersebut saya jelaskan, simulasi tadi juga berlaku untuk urusan ibadah. Saya tidak berhak mengatakan bahwa orang yang lebih tepat waktu akan mendapatkan pahala lebih besar, karena itu hak Allah dan juga tergantung dengan kualitas ibadahnya itu sendiri. Tapi bukankah setiap orang tua akan lebih menyukai anaknya yang tanggap dan cepat menghampiri ketika dipanggil ketimbang anak lainnya yang menunda-nunda? Jika demikian, buatlah Allah suka kepada Anda. Karena suka mungkin saja awal dari cinta. Semoga.
[taken from mailing namche]

Thursday, February 24, 2005

Orang Beragama atau Orang Baik?

Seorang lelaki berniat untuk menghabiskan seluruh waktunya untuk beribadah. Seorang nenek yang merasa iba melihat kehidupannya membantunya dengan membuatkan sebuah pondok kecil dan memberinya makan, sehingga lelaki itu dapat beribadah dengan tenang.Setelah berjalan selama 20 tahun, si nenek ingin melihat kemajuan yang telah dicapai lelaki itu. Ia memutuskan untuk mengujinya dengan seorang wanita cantik. ''Masuklah ke dalam pondok,'' katanya kepada wanita itu, ''Peluklah ia dan katakan 'Apa yang akan kita lakukan sekarang'?''Maka wanita itu pun masuk ke dalam pondok dan melakukan apa yang disarankan oleh si nenek. Lelaki itu menjadi sangat marah karena tindakan yang tak sopan itu. Ia mengambil sapu dan mengusir wanita itu keluar dari pondoknya.Ketika wanita itu kembali dan melaporkan apa yang terjadi, si nenek menjadi marah. ''Percuma saya memberi makan orang itu selama 20 tahun,'' serunya. ''Ia tidak menunjukkan bahwa ia memahami kebutuhanmu, tidak bersedia untuk membantumu ke luar dari kesalahanmu. Ia tidak perlu menyerah pada nafsu, namun sekurang-kurangnya setelah sekian lama beribadah seharusnya ia memiliki rasa kasih pada sesama.''Apa yang menarik dari cerita diatas? Ternyata ada kesenjangan yang cukup besar antara taat beribadah dengan memiliki budi pekerti yang luhur. Taat beragama ternyata sama sekali tak menjamin perilaku seseorang. Ada banyak contoh yang dapat kita kemukakan disini. Anda pasti sudah sering mendengar cerita mengenai guru mengaji yang suka memperkosa muridnya. Seorang kawan yang rajin shalat lima waktu baru-baru ini di PHK dari kantornya karena memalsukan dokumen. Seorang kawan yang berjilbab rapih ternyata suka berselingkuh. Kawan yang lain sangat rajin ikut pengajian tapi tak henti-hentinya menyakiti orang lain. Adapula kawan yang berkali-kali menunaikan haji dan umrah tetapi terus melakukan korupsi di kantornya.Lantas dimana letak kesalahannya? Saya kira persoalan utamanya adalah pada kesalahan cara berpikir. Banyak orang yang memahami agama dalam pengertian ritual dan fiqih belaka. Dalam konsep mereka, beragama berarti melakukan shalat, puasa, zakat, haji dan melagukan (bukannya membaca) Alquran. Padahal esensi beragama bukan disitu. Esensi beragama justru pada budi pekerti yang mulia.Kedua, agama sering dipahami sebagai serangkaian peraturan dan larangan. Dengan demikian makna agama telah tereduksi sedemikian rupa menjadi kewajiban dan bukan kebutuhan. Agama diajarkan dengan pendekatan hukum (outside-in), bukannya dengan pendekatan kebutuhan dan komitmen (inside-out). Ini menjauhkan agama dari makna sebenarnya yaitu sebagai sebuah sebuah cara hidup (way of life), apalagi cara berpikir (way of thinking). Agama seharusnya dipahami sebagai sebuah kebutuhan tertinggi manusia. Kita tidak beribadah karena surga dan neraka tetapi karena kita lapar secara rohani. Kita beribadah karena kita menginginkan kesejukan dan kenikmatan batin yang tiada taranya. Kita beribadah karena rindu untuk menyelami jiwa sejati kita dan merasakan kehadiran Tuhan dalam keseharian kita. Kita berbuat baik bukan karena takut tapi karena kita tak ingin melukai diri kita sendiri dengan perbuatan yang jahat.
Ada sebuah pengalaman menarik ketika saya bersekolah di London dulu. Kali ini berkaitan dengan polisi. Berbeda dengan di Indonesia, bertemu dengan polisi disana akan membuat perasaan kita aman dan tenteram. Bahkan masyarakat Inggris memanggil polisi dengan panggilan kesayangan: Bobby.Suatu ketika dompet saya yang berisi surat-surat penting dan sejumlah uang hilang. Kemungkinan tertinggal di dalam taksi. Ini tentu membuat saya agak panik, apalagi hal itu terjadi pada hari-hari pertama saya tinggal di London. Tapi setelah memblokir kartu kredit dan sebagainya, sayapun perlahan-lahan melupakan kejadian tersebut. Yang menarik, beberapa hari kemudian, keluarga saya di Jakarta menerima surat dari kepolisian London yang menyatakan bahwa saya dapat mengambil dompet tersebut di kantor kepolisian setempat.Ketika datang kesana, saya dilayani dengan ramah. Polisi memberikan dompet yang ternyata isinya masih lengkap. Ia juga memberikan kuitansi resmi berisi biaya yang harus saya bayar sekitar 2,5 pound. Saking gembiranya, saya memberikan selembar uang 5 pound sambil mengatakan, ''Ambil saja kembalinya.'' Anehnya, si polisi hanya tersenyum dan memberikan uang kembalinya kepada saya seraya mengatakan bahwa itu bukan haknya. Sebelum saya pergi, ia bahkan meminta saya untuk mengecek dompet itu baik-baik seraya mengatakan bahwa kalau ada barang yang hilang ia bersedia membantu saya untuk menemukannya.Hakekat keberagamaan sebetulnya adalah berbudi luhur. Karena itu orang yang ''beragama'' seharusnya juga menjadi orang yang baik. Itu semua ditunjukkan dengan integritas dan kejujuran yang tinggi serta kemauan untuk menolong dan melayani sesama manusia.
Sumber: Orang Beragama atau Orang Baik? oleh Arvan Pradiansyah, direktur pengelola Institute for Leadership & Life Management (ILM) & penulis buku Life is Beautiful

ISTIMEWA-NYA WANITA

1.. Wanita auratnya lebih susah dijaga berbanding lelaki.
2.. Wanita perlu meminta izin dari suaminya apabila mau keluar rumah tetapi tidak sebaliknya. 3.. Wanita saksinya kurang berbanding lelaki.
4.. Wanita menerima pusaka kurang dari lelaki.
5.. Wanita perlu menghadapi kesusahan mengandung dan melahirkan anak.
6.. talak terletak di tgn suami dan bukan isteri.
7.. Wanita kurang dlm beribadat karena masalah haid dan nifas yg tak ada pada lelaki.
makanya mereka nggak capek-capeknya berpromosi untuk "MEMERDEKAKAN WANITA ISLAM"Pernahkah kita lihat sebaliknya (kenyataannya)??
Benda yg mahal harganya akan dijaga dan dibelai serta disimpan ditempat yg teraman dan terbaik. Sudah pasti intan permata tidak akan dibiarterserak bukan?
Itulah bandingannya dgn seorg wanita. Wanita perlu taat kpd suami tetapi lelaki wajib taat kepada ibunya 3 kali lebih utama dari bapaknya. Bukankah ibu adalah seorang wanita ? Wanita menerima pusaka kurang dari lelaki tetapi harta itu menjadi milik pribadinya dan tidak perlu diserahkan kepada suaminya, manakala lelaki menerima pusaka perlu menggunakan hartanya utk isteri dan anak-anak. Wanita perlu bersusah payah mengandung dan melahirkan anak, tetapi setiap saat dia didoakan oleh segala makhluk, malaikat dan seluruhmakhluk ALLAH di mukabumi ini, dan matinya jika karena melahirkan adalah syahid.
Di akhirat kelak, seorang lelaki akan dipertanggungjawabkan terhadap 4wanita ini: Isterinya, ibunya, anak perempuannya dan saudara perempuannya. Manakala seorang wanita pula, tanggungjawab terhadapnya ditanggung oleh4 org lelaki ini: Suaminya, ayahnya, anak lelakinya dan saudara lelakinya.
Seorang wanita boleh memasuki pintu Syurga melalui mana mana pintu Syurga yg disukainya cukup dgn 4 syarat saja : Sembahyang 5 waktu, puasadi bulan Ramadhan, taat suaminya dan menjaga kehormatannya. Seorang lelaki perlu pergi berjihad fisabilillah tetapi wanita jika taat akan suaminya serta menunaikan tanggungjawabnya kepada ALLAH akan turut menerima pahala seperti pahala org pergi berperang fisabilillah tanpa perlu mengangkat senjata. Masya ALLAH ... demikian sayangnya ALLAH pada wanita .... kan?
boleh diteruskan ke yang lain ibu2 / bapak2. .....................hATI HATI DENGAN UU YANG SDG DIAJUKAN MENGENAI PENYETARAAN PRIA DAN WANITA....

Monday, January 31, 2005

RUMUS PENTING TENTANG HIDUP

Rumus penting ini hanya berlaku bagi orang2 yang mau berpikir, merenung, dan instropeksi untuk berubah menjadi lebih baik.
Kadang kita selalu bertanya letak akherat, surga dan neraka. Semua jawaban dari pertanyaan2 itu sebenarnya ada di Al-Quran dan sudah sangat jelas sekali dijelaskan disana. Tapi untuk hidup keseharian kita, kadang kita lupa bahwasannya apa yang kita kerjakan ini sebenarnya bermuara pada satu tujuan, yaitu kematian.
Dalam beberapa artikel yang ditulis oleh para sufi bahwa puncak dari kecerdasan manuasia adalah kematian. Barang siapa sering mengingat kematian, tentu akan lebih baik. Mengingat kematian disini bukanlah menjadikan kita putus asa ataupun takut tentang kematian.
Tak bisa dipungkiri, semua yang bernyawa pasti akan mati. Tua muda. Wanita-pria pasti kembali kepada sang Kholik. Semua hanya masalah waktu. Orang tua yang sedang sakit2an terbaring tidak berdaya umurnya sama dengan kita yang masih muda. Kenapa? Karena semua ini berada diluar kendali kita. Orang tua itu mungkin masih lama terbaring dan lama menunggu ajal, sedangkan anak muda seperti kita entah dia sehat ataupun tidak, pada saat yang sama hanya menunggu kematian. Bisa saja si muda ketika melakukan pekerjaanya, bisa mati mendadak tanpa sebab. Semua bisa saja tidak masuk akal bagi kita. Lantas apa yang bisa kita perbuat? hari ini?detik ini? Bagaimana kedudukan kita diakherat nanti???
Ada dua rumus mudah yang Insya Alloh bisa menjadi pengingat kita.
1. Kalau kita ingin mengetahui keberadaan kita di akherat nanti, mulai sekarang kita pikirkan seberapa sering kita mengingat Alloh dalam satu hari. Semakin kita sering mengingat Alloh, maka Allohpun akan semakin sering mengingat kita. Ini sudah hukum yang tergariskan dan tak dapat dibantah. Apabila kita jarang mengingat Alloh dan Rasulnya, maka Allohpun tidak akan mengingat kita. Kita akan terus dibiarkan berlarut-larut dalam kenistaan tanpa pernah diingatkan. Dan sebaliknya, apabila kita selalu mengingat Alloh siang malam, maka Alloh-pun akan selalu mengingat kita dan menolong kita. Hasbunalloh Wanikmatal Wakiil [Cukuplah Alloh menjadi penolongku dan Alloh adalah sebaik-baiknya pelindung untukku]
2.Semakin dekat kita dengan Alloh, Allohpun akan semakin dekat dengan kita, bahkan melebihi urat nadi kita. Hal ini juga sudah tergariskan dan tidak terbantahkan. Bukankah dalam hidup ini kita penuh masalah dan tidak akan pernah terlepas? Ketika kita dalam keadaan terdesak, ingin marah, menangis dan semua jalan keluar menjadi buntu- pasti dalam hati kecil kita Insya Alloh ada cahaya kecil yang mengatakan ' Ya Alloh, bantulah hamba- Hasbunalloh Wanikmatal Wakiil..-'
Apakah tanda2 ini pernah kita sadari? atau minimal kita pernah merasakan? Apabila belum, sebaiknya kita harus cepat2 merenung, bertanya dalam diri kita, sudah sejauh inikah kita berlari menjauh dariMU. Sudah cukup sombongkah kita untuk dapat mengatasi semua masalah ini sendiri? Jika semua masalah dapat kita selesaikan sendiri tanpa kita memohon, apakah benar mendapat ridlo dari Alloh. Apakah yang kita lakukan ini benar di hadapan Alloh.
Kadang pertanyaan2 seperti ini membingungkan dan kita lantas dengan mudah mengatakan 'ribet banget sih'
Memang semuanya membutuhkan proses dan proses itu harus ada hasilnya. Jika kita selalu menggampangkan pertanyaan-pertanyaan itu, mudah2an kita masih diberi waktu dan kesempatan untuk berubah menjadi lebih baik.
Sampai kapanpun kita harus selalu ingat bahwasanya kita hidup didunia ini hanya ditugaskan melakukan satu hal : beribadah. Apapun bidang pekerjaan kita.
bukankah sudah jelas dinyatakan dalam Al-Quran Surat Ankabut 56 : "Tidaklah Aku ciptakan jin dan manusia kecuali untuk beribadah Kepada-Ku"
Semoga apapun yang kita lakukan, senantiasa bermakna ibadah di Hadapan Alloh.
Dan semoga kita masih diberi waktu untuk dapat terus belajar, berproses, dan berubah menjadi lebih baik.
[Saya bukanlah sok suci atapun menggurui. Saya sedang berproses, daripada tidak samasekali]

Monday, January 24, 2005

MASIH ADA LANGIT DI ATAS LANGIT

Bencana itu belum selesai. Aku belum mampu menuliskan isi kepalaku ke dalam tulisan, kemaren2. Baru sekarang jari2 ini mau mengetik.
SUBHANALLOH. MAHA BESAR ENGKAU YA ALLOH. INNALILLAHI WA INNA ILAIHI ROJI’UUN
Begitulah Alloh mencipta dan seperti itu pula Alloh memberi peringatan. Sungguh kita adalah golongan yang beruntung, yang dapat memetik hikmah yang besar tanpa hrus mengalaminya. Semuanya datang dan kembali hanya kepada Alloh. Tak ada yang luput dari kekuasaan-Nya. Tak ada yang lepas dari genggaman-Nya.
Kitapun harus sadar, bahwa kita, setiap waktu, kapanpun itu, pasti akan pulang dengan apapun caranya. Semua tinggal menunggu waktu, menunggu giliran. Selalu saja ada langit di atas langit. Kita atau malahan saya, sering berujar: Ya Alloh, mengapa penderitaan ini terlalu berat untuk kupinang. Dan kita terus menyeru seperti itu bila masalah datang. Dari Aceh, sebenernya kita diajari untuk melihat masalah kita pribadi ini teramat kecil bila dibandingkan dengan saudara-saudara kita di Aceh. Mereka kehilangan semuanya. Lantas kita kehilangan apa? Bukankah hanya satu hal yang harus kita jaga, yaitu IMAN. Bukankah semuanya ini hanya milik Alloh? Tak perlu kita untuk terus menerus bersedih, terus menerus mengingat masa lalu. Selama iman ini masih ada, Insya Alloh bahagia akan selalu milik kita.
Satu hal yang harus menjadi pengingat, seberat apapun masalah kita, cobaan kita, musibah kita, di luar sana ada seseorang yang lebih menderita. Hanya kita tidak tahu. Kita ini belum seberapa. Jadi, janganlah bersedih. LA TAHZAN. Masih ada langit di atas langit
Ini sebagai nasihat untuk diri sendiri, juga untukmu kawan..

[ NDANG BALIO SRI ]

Oiya, di Solo kemaren aku terkagum-kagum dengan seorang pengamen di warung makan TIMLO, deket mangkunegaran. Umurnya kira2 60 tahuinan. Dia nyanyiin lagu2nya didi kempot. Setelah kita baru selesai makan, dia nyanyiin lagu yang baguuus banget, dengan penjiwaan yang baguuuuuuuuuuuuuuusss banget. Judulnya NDANG BALIO SRI (bahasa indo-nya, cepatlah pulang sri…) syairnya dalem banget. Gaya nyanyinya luar biasa. Ceritanya tentang seorang laki2 yang nungguin istrinya pulang dari perantauan. Si laki2 sudah tidak kuat buat nahan rasa kangen dengan si pujaan hatinya. Ada ketulusan dan ketegaran disana. Ada pengharapan yang luar biasa buat bertemu dengan istrinya. Kesetiaan yang berbicara.
Aku jadi inget2 seperti suasana di Bandung, di Jalan Braga. Suasana dan penjiwaan yang tercipta hampir sama.
Kapan2 aku PASTI mampir lagi di warung itu, buat sekedar mengingat “SRI-ku”. Ndang balio sri… ndang balio… aku kangen karo sliramu…. Ndang balio…

PERTAMA DI JANUARI

Males buat ngisi blog. Gak ada yang spesial yang harus kuceritakan disini. Tapi sekedar pengingat, bolehlah aku tulis sebagian.
Sebenernya rencana2 yang sudah ketulis sebelum malem tahun baru kemaren, buat saat ini sudah ada sebagian yang terwujud. Puji Tuhan.
Selama 2 minggu kemaren ada kerjaan di Solo. Tapi saat ini baru off dulu. Nungguin data yang belum lengkap.
Baru kemaren ngerasain kerja lembur yang bener2 lembur. Berangkat ngantor jam 10 pagi. Pulange jam 5 sore. Pulang dulu kerumah. Jam 7 malem berangkat lagi dan baru selesai lembur jam 4 pagi. Habis itu tidur lagi. Tapi hari terakhir kemaren nglemburnya pol2an. Sampe jam 9 pagi. Bener2 dahsyat nih badan. Untung ada rony n yogi yang ngasih spirit. Salut deh buat kalian… jadi beli blender kan??? Atau ngancurin si xeno kecil?? He..he… kita emang team yang solid.
Sekarang udah balik ke jogja lagi. Bener2 asyik disini. Bener2 nyaman. Tapi rutinitas kayak di Solo kemaren kayaknya bakal aku temuin lagi di masa depan. Kemaren sih lagi belajar buat begadang, mudah2an besok2 bisa lebih menikmati.

Thursday, December 30, 2004

+ harapan +

Semoga selalu ada pelangi setelah hujan. Semoga selalu ada senyum setelah air mata. Semoga selalu ada harapan setelah kegagalan. Semoga hari-hari indah selalu menjelang. Semoga selalu ada cinta disini. Happy new year for you, friend. Good Luck. Nice JOb. Nice life.

sebuah penutup di ujung tahun

Tak terasa 2004 bakal berakhir. Di tahun ini begitu banyak hal yang sudah aku alamin. mulai dari yang seneng, sampe yang ya...bisa dibilang beratlah. Tapi semua bisa teratasi, berkat Alloh tentunya. Banyak hal yang mesti aku persiapin n aku rencanain di tahun 2005 ini.
Sekedar review, ada juga beberapa keberhasilan kecil2an yang sudah aku dapet. tapi banyak juga yang namanya gagal. Tapi gak papalah, bukankah hidup itu sebuah proses? yap.
Saat ini aku lagi nyiapin rencana buat tahun depan. Rencana jangka pendek n jangka panjang. Satu hal yang harus aku dapet yaitu kerja. Ya kerja. Pingin sekali hidupku terlepas dari bantuan orang tua. Aku pingin banget menghasilkan sesuatu buatku, orangtua, dan lingkunganku. Kalo rencana yang lain sih masih belum mateng. Sambil jalan mungkin.
Mudah2an semua rencana dan usahaku dapat berjalan dengan lancar.
Hasbunalloh Wanikmatal Wakiil.......
[cukuplah Alloh menjadi penolong bagiku, dan satu-satunya pelindung untukku]
 
Free Web Page Hit Counters
Dentist